SELAMAT DATANG DI BLOG BG NUR KOMTING @Bahagialah bagi orang yang mengerti akan arti cinta@

Aceh Pungoe Belanda Bilang

Perang Belanda di Aceh yang meletus sejak tahun 1873 hingga awal abad XX belum berakhir. Berbagai upaya dilakukan untuk dapat mengakhiri perang yang telah banyak memakan korban, baik di pihak Aceh maupun di pihak Belanda sendiri. Menjelang akhir abad XIX dan pada awal abad XX, Belanda melaksanakan suatu tindakan kekerasan melalui sebuah pasukan elit yang mereka namakan het korps marechaussee (pasukan marsose).
Pasukan ini dari serdadu-serdadu pilihan yang memiliki keberanian dan semangat tempur yang tinggi, dengan tugas untuk melacak dan mengejar para pejuang Aceh melawan Belanda ke segenap pelosok daerah Aceh. Mereka akan membunuh para pejuang Aceh yang berhasil ditemukan atau setidaknya membuang ke luar daerah Aceh.
Dengan cara kekerasan ini Belanda mengharapkan rakyat atau para pejuang akan takut dan menghentikan perlawanan Belanda. Namun apa yang terjadi ? Akibat tindakan kekerasan tersebut telah menimbulkan rasa benci dan dendam yang sangat mendalam bagi para pejuang Aceh yang bersisa, lebih-lebih bagi keluarga mereka tinggalkan, ayah, anak, menantu, sanak keluarga atau kawomnya yang telah menjadi korban keganasan pihak Belanda.
Untuk membalas tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Belanda tersebut para pejuang Aceh melakukan suatu cara yang kemudian diistilahkan oleh Belanda dengan nama Atjeh Moorden atau het is een typische Atjeh Moord, Suatu pembunuhan khas Aceh yang orang Aceh sendiri menyebutnya poh kaphe (bunuh kafir). Di sini para pejuang Aceh tidak lagi melakukan peperangan secara bersama-sama atau berkelompok, tetapi secara perseorangan.
Dengan nekad seseorang melakukan penyerangan terhadap orang-orang Belanda apakah ia serdadu, orang dewasa, perempuan atau anak-anak sekalipun menjadi sasaran untuk dibunuh. Dan tindakan pembunuhan nekad ini dilakukan di mana saja di jalan, di pasar, di taman-taman atau pun pada tangsi-tangsi sendiri.
Pembunuhan khas Aceh ini antara tahun 1910 – 1920 telah terjadi sebanyak 79 kali dengan korban di pihak Belanda 12 orang mati dan 87 luka-luka, sedang di pihak Aceh 49 tewas. Puncak dari pembunuhan ini terjadi dalam tahun 1913, 1917, dan 1928 yaitu sampai 10 setiap tahunnya. Sedangkan di tahun 1933 dan 1937 masing-masing 6 dan 5 kali. Adapun jumlah korban dalam perang Belanda di Aceh selama sepuluh tahun pada awal abad XX (1899-1909) sebagaimana disebutkan Paul Van’t Veer dalam bukunya De Atjeh Oorlog tidak kurang dari 21.865 jiwa rakyat Aceh.
Dengan kata lain, angka itu hampir 4 persen dari jumlah penduduk pada waktu itu. Angka ini setelah 5 tahun kemudian (1914) naik menjadi 23.198 jiwa dan diperhitungkan seluruh korban jiwa (dari pihak Aceh dan Belanda) dalam kurun waktu tersebut hampir sama dengan yang telah jatuh pada masa perang 1873 – 1899.
Hal ini belum lagi korban yang jatuh setelah tahun 1914 hingga tahun 1942. Salah seorang perwira Belanda yang menjadi korban akibat pembunuhan khas Aceh ini ialah Kapten CE Schmid, komandan Divisi 5 Korp Marsose di Lhoksukon pada tanggal 10 Juli 1933, yang dilakukan oleh Amat Lepon. Sementara pada akhir bulan Nopember 1933 dua orang anak-anak Belanda yang sedang bermain di Taman Sari Kutaradja (sekarang Banda Aceh) juga menjadi korban pembunuhan khas Aceh ini.
Pembunuhan khas Aceh adalah sikap spontanitas rakyat yang tertekan akibat tindakan kekerasan yang dilakukan pasukan Marsose Belanda. Sikap ini juga dijiwai oleh semangat ajaran perang Sabil untuk poh kaphe (membunuh kafir). Di samping itu juga adanya suatu keinginan untuk mendapatkan mati syahid. Dan untuk membalas dendam yang dalam istilah Aceh disebut tueng bila, sebuah istilah yang menggambarkan betapa membara semangat yang dimiliki oleh rakyat Aceh.
Akibat adanya pembunuhan nekad yang dilakukan rakyat Aceh tersebut menyebabkan para pejabat Belanda yang akan ditugaskan ke Aceh berpikir berkali-kali. Dan ada di antara mereka yang tidak mau mengikutsertakan keluarganya (anak-istri) bila bertugas ke Aceh. Malahan ada yang memulangkannya ke negeri Belanda. Para pejabat Belanda di Aceh selalu membayangkan dan memikirkan bahaya Atjeh Moorden tersebut.
Mereka tidak habis pikir, bagaimana hanya dengan seorang saja dan bersenjata rencong yang diselipkan dalam selimut atau bajunya para pejuang Aceh berani melakukan penyerangan terhadap orang-orang Belanda, bahkan pada tangsi-tangsi Belanda sekalipun. Oleh karena itu, ada di antara orang Belanda yang menyatakan perbuatan itu “gila” yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang yang waras, maka timbullah istilah di kalangan orang Belanda yang menyebutnyaGekke Atjehsche (orang Aceh gila), yang kemudian populer dengan sebutan Aceh pungo (Aceh Gila).
Untuk mengkajinya pihak Belanda mengadakan suatu penelitian psikologis terhadap orang-orang Aceh. Dalam penelitian itu terlibat Dr. R.H. Kern, penasihat pemerintah untuk urusan kebumiputeraan dan Arab, Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa perbuatan tersebut (Atjeh Moorden) termasuk gejala-gejala sakit jiwa.
Suatu kesimpulan yang mungkin mengandung kebenaran, tetapi juga mungkin terdapat kekeliruan, mengingat ada gejala-gejala yang tidak terjangkau oleh dasar-dasar pemikiran ilmiah dalam Atjeh Moorden tersebut. Menurut R.H. Kern apa yang dilakukan rakyat Aceh itu adalah perasaan tidak puas akibat mereka telah ditindas oleh orang Belanda karena itu jiwanya akan tetap melawan Belanda.
Dengan kesimpulan bahwa banyak orang sakit jiwa di Aceh, maka pemerintah Belanda kemudian mendirikan rumah sakit jiwa di Sabang. Dr. Latumenten yang menjadi kepala Rumah Sakit Jiwa di Sabang kemudian juga melakukan studi terhadap pelaku-pelaku pembunuhan khas Aceh yang oleh pemerintah Belanda mereka itu diduga telah dihinggapi penyakit syaraf atau gila.
Namun hasil penelitian Dr. Latumenten tersebut menunjukkan bahwa semua pelaku itu adalah orang-orang normal. Dan yang mendorong mereka melakukan perbuatan nekad tersebut adalah karena sifat dendam kepada Belanda yang dimiliki yaitu tueng bila. Untuk itu seharusnya tindakan kekerasan jangan diperlakukan terhadap rakyat Aceh.
Selanjutnya, pemerintah Hindia Belanda melaksanakan kebijaksanaan baru yang dikenal dengan politik pasifikasi lanjutan gagasan yang dicetuskan oleh C. Snouck Hurgronje. Sesuatu politik yang menunjukkan sifat damai di mana Belanda memperlihatkan sikap lunak kepada rakyat Aceh, mereka tidak lagi bertindak hanya dengan mengandalkan kekerasan, tetapi dengan usaha-usaha lain yang dapat menimbulkan simpati rakyat.
Penulis: Rusdi Sufi, Sejarawan Aceh

Pingin Ketawa, Masuk aja Gan

Ha ha ha ha ha.......silahkan ketawa dengan lepas, sebelum ketawa itu dilarang dan ada pajaknya. Dan buatlah ketawa itu menjadi sehat buat Anda dan tentunya juga bisa membuat diri Anda menjadi awet muda tanpa harus operasi plastik di salon langganan Anda. Inilah obat yang bisa membuat Anda tertawa lepas dan tentunya gratis.....Silahkan tertawa :


Aku nafsu padamu sayang :





Payudaraku asli lho :




Hai.....cewek !!




Hayoo !! lagi ngintip ya !!

Pantun Gombal

Sekali mendayung,
sampai pulau masuk angin. 
Kubeli kan engkau payung, 
agar hatimu tak terasa dingin

Pergi ke toko baja, 
cuma beli paku.. 
Kamu kemana aja, 
kamu ga kangen sma aku?..

Ikan hiu melayang-layang I love you sayang

Air beriak tanda tak dalam, 
ada serigala berbulu domba. 
Hati aku udah keram, 
untuk cintai kamu yang tiada dua.

Beli bata di daerah terbuka,
batanya bagus juga serba ada. 
Sendiri kita saling suka, 
Berdua kita akan jadi sempurna

Orang jawa jual jamu, 
lagi kebelet sambil bawa batu. 
berharap bisa bersamamu, 
meski ku tunggu sampai akhir waktu.

Sabtu minggu banyak laba laba, 
mata semu didalam pakaian. 
Ketika yang ditunggu tak kunjung tiba, 
hanya kamu yang kupikirkan

api diam menari, 
angin berhembus tiada henti. 
Sepi disini aku sendiri, 
tanpa ada kamu yang menemani :(

Jika ada semut diladang, 
bolehlah kita mengambil nampan. 
Ketika semua orang menghilang, 
hanya kau yang kuharapkan.

meski hanya buah jambu
tapi ini bisa diramu
meskipun jarang ketemu
cintaku hanya untukmu

tak ada kata sesingkat i
tak ada kata seindah love
tak ada kata secantik you

Beli pisang di suramadu
Sayang i miss u

Badan pegel, muka lesu
My baby girl, I really need U

Menuntut ilmu dengan belajar
Deket sama kamu, hatiku berdebar-debar

meski aku sudah kenyang
tetap harus minum jamu
perempuan yang ku sayang
bolehkah aku bertamu

mencari barang sudah ketemu
di antara tumpukan kayu
setiap aku memandang mu
ingin ku bilang I LOVE YOU

Kembang gula di perigi Untuk aku minum jamu Kemana pun kamu pergi Aku slalu rindu kamu

Kalau mau menanam tebu tanamlah di dekat pohon jambu kalau kau cinta padaku bilang saja I LOVE U

Di pinggir kolam makan bubur
Jangan lupa pakai keripik
Dari semalem aye ga bisa tidur
Selalu teringat wajah mu yg cantik

Pohon sagu jatoh di tebang
Pohon duku di bikin sarang
Jangan ragu jangan bimbang
Cinta ku hanya untuk mu seorang

Paling cakep burung gelatik
Di atas awan terbang melayang
Emang banyak wanita cantik
Cuman ade yang abang sayang

wahai seruling buluh perindu
suaranya memikatku
wahai gadis pujaanku
aku sangat cinta kamu

meski hanya buah jambu
tapi ini bisa diramu
meskipun jarang ketemu
cintaku hanya untukmu

Kelap kelip di tengah malam
kulihat bintang sangat menawan
biar cinta banyak rintangan
ku jaga cinta dg kesetiaan

ke cimanggis membeli kopiah
kopiah indah kan kau dapati
begitu banyak gadis yang singgah
hanya kamu yang memikat hati

Makan sate campur lontong
Di tambah sambel kacang
Kepadamu aku tak bisa bohong
Di hatiku sudah terlanjur sayang

Nasi uduk masih anget
Beli nye di pinggir jalan
Yang lagi duduk manis banget
Boleh ga kite kenalan

banyak orng makan rumput
tpi aq makan padi
banyak orang cinta d mulut
tpi aq cinta d hati

Kalau punya gigi ompong
cepat cepat ke dokter gigi
kalau jadi anak sombong
pasti nanti jadi rugi.

Juragan pisau makan buah
Buah kotor kena tinta,
Jangan risau jangan gundah
Karena derita bumbu cinta

Mulanya duka kini menjadi lara
Teman tiada hanyalah sendu
Bila rindu mulai membara
Itulah tanda cinta berpadu

Nasi uduk masih anget
Beli nye di pinggir jalan
Yang lagi duduk manis banget
Boleh ga kite kenalan

Beli kain warna nya merah
Dari kediri pake nya batik
Di godain jangan marah
Salah sendiri punya wajah cantik

Juragan pisau makan buah
Buah kotor kena tinta,
Jangan risau jangan gundah
Karena derita bumbu cinta

Mulanya duka kini menjadi lara
Teman tiada hanyalah sendu
Bila rindu mulai membara
Itulah tanda cinta berpadu

Anak ayam belajar berenang
Anak itik di paya bakau
Mulut menyebut hati terkenang
Rindukan adik jauh di rantau

bunga mawar jgn dibungkus
kalau di bungkus hilang sarinya
punya pacar jgn di putus
kalau di putus sakit hatinya

gara-gara hujan gerimis
membasahi alam semsta
gara-gara senyuman manis
membuat aku jatuh cinta

Beribu - ribu Bintang dilangit
Hanya satu yang bercahaya
Beribu - ribu wanita cantik
hanya kau yang kucinta

jalan pagi-pagi
jangan lpa ngajak santi
walau qta tdak brsma lgi
tpie qau slalu d htie

Tukang jamu
jualan sambil lari.
Apapun permintaanmu
pasti akan aku beri

Beli jamu sama peniti.
hanya kamu yg ada dihati.

JAlan" ke pulau dewata
jangan lupa membeli paku
khan q berikan kau cinta
dengaaaaan sepenuuh hatiku

Paling cakep burung gelatik
Di atas awan terbang melayang
Emang banyak wanita cantik
Cuman ade yang abang sayang

Dari mana datangnya linta,,
dari tanah turun ke kali,,
dari mana datangnya cinta,,
dari mata terus ke hati,,

Kelak saat telah hilang kata,
yg tinggal di rongga dada
hanyalah cinta, sebab saat itu:
nafasku tak butuh lagi udara.

telah menyungai di alir takdir,
rindu mengalir ke hilir,
muara cinta dimana kan berakhir

Ketika pisau tak lebih tajam
dari perasaan kehilangan;
perempuan yg berduka akan
mengiris bawang dengan matanya.

Disulawesi tengah ada palu, 
bikin jungkat jungkit di rumah tua. 
Daripada ngungkit masalalu, 
mending ngerakit masa depan kita berdua :D

KLIK Disini

Rasa Yang Harus Ku Pendam

Ini sebuah kisah seorang teman ku mahasiswa teknik sipil di Universitas Malikussaleh. dia seorang mahasiswa yang aktif di jurusan teknik  sipil. dia saat postingan ini aku tulis sedang menjalani kuliah di semester tujuh ( 7 ). Untuk nama dia bersifat privat.
Okey langsung aja Gan..........

Sebut saja nama dia budi. budi seorang mahasiswa yang begitu aktif dan sangat peduli di organisasi tingkat jurusannya. yaitu Teknik Sipil. Kala itu di waktu pertama kali ia tercatat sebagai mahasiswa teknik sipil, ia seketika jatuh cinta pada seorang cewek yang bisa dikatakan cantik. Dia putih, tinggi dan agak berisi. Dan anehnya Budi tidak pernah mengungkapkan apa yang dia rasakan terhadap cewek itu, dari semester 1 hingga sekarang dia sudah menjalani study di semester 7. Husna ( bukan nama asli) sudah dua kali berpacaran dengan cowok sejurusan dengan dia, dan se-angkatan dengannya. Emang sih rasa sakit tentu Budi merasakan. Tapi apa boleh buat, mengingat dia (budi) seorang petinggi diantara mahasiswa lainnya. Maka sikap profesionalisme nyan itulah yang mengharuskan Budi memendam rasa cintanya itu hingga sekarang.

Dan sekarang Husna sudah putus dengan pacar yang keduanya yang di jurusan teknik itu dan kedua pacar Husna merupakan teman yang cukup akrab dengan budi, terkadang Budi ingin mengungkapkan semua rasa yang dia pendam selama ini, tapi dia takut akan keadaan yang tidak di inginkan terjadi nantinya.Meskipun peluang untuk dekat dengannya sangat besar,.....
................................
...........................
................
Ahhhhhhhhhhhh GAK TAU HARUS TULIS APA LAGI.
'' Intinya Budi bukannya gak berani, tapi mengingat status dia di kalangan orang-orang di kampus yang tidak memungkinkan dia untuk berpacaran dengan sijantung hatinya."

Perasaan Yang Terpendam

Cukup ku mengagumimu di dalam hati,,,
Karena tak mungkin ku ungkap rasa ini,,
Karena ku tau,,
dirimu tak pernah punya perasaan yang sama
seperti yang ku rasakan,,
andai dirimu mau mengerti betapa aku mencintai,,
ku yakin semua tak seperti ini,,
kasih,izin kan aku memiliki dirimu,
walau hanya di dalam mimpi,,

aku mnegerti,
andai diriku bisa menjadi seperti yang  kau inginkan
aku yakin, ku bisa memiliki dirimu
tetapi aku sadar
 terlalu sulit untuk menjadi seperti yang kau ingin kan,,
andaikan Cuma cinta yang kau harapkan dari ku,,
akan ku berikan seluruh cinta dan jiwaku,,

Dihadapan orang yang kau cintai, jantungmu tiba-tiba berdebar lebih cepat dihadapan orang yang kau sukai
Apabila engkau melihat kepada mata orang yang kau cintai, matamu berkaca kaca
Apabila engkau melihat kepada mata orang yang kau sukai, engkau hanya
tersenyum saja
Dihadapan orang yang kau cintai, kata kata yang keluar berasal dari perasaan yang terdalam
Dihadapan orang yang kau sukai, kata kata hanya keluar dari pikiran saja
Jika orang yang kau cintai menangis, engkaupun akan ikut menangis disisinya
Jika orang yang kau sukai menangis, engkau hanya menghibur saja
Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga
Jadi jika kau mau berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga
Tapi apabila kau mencoba menutup matamu dari orang yang kau cintai, Cinta itu berubah menjadi tetesan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama
Tetapi selain rasa suka dan rasa cinta... ada perasaan yang lebih mendalam.
Yaitu rasa sayang…. rasa yang tidak hilang secepat rasa cinta. Rasa yang tidak mudah berubah.
Perasaan yang dapat membuatmu berkorban untuk orang yang kamu sayangi. Mau menderita demi kebahagiaan orang yang kamu sayangi.

Kumpulan Kata Kata Lucu - 2014

Kata orang tua, jangan menikah dengan wanita sekampung. Menikahlah cukup dengan seorang wanita saja.

Selama janur kuning belum melengkung, aku akan tetap mengejar cintamu. tapi kalo udah melengkung, bakal aku setrika lagi biar lurus.
Jangan salahkan diri anda jika anda merasa bahwa anda jelek. Salahkan orang tua anda, karena jelek adalah keturunan. Haha ..

Cintailah seorang wanita saja. Dua wanita terlalu banyak. Tapi tiga wanita lebih baik daripada tidak ada.

Jangan sombong dipanggil pak camat, jangan sombong dipanggil pak lurah, jangan sombong dipanggil pak bos, karena nanti di PANGGIL TUHAN

Sebenarnya, yang melahirkan uang adalah Mpok Indonesia. Bank Indonesia cuma menanam benih.
Orang bijaksana tidak menikah, setelah menikah mereka menjadi bijak sana dan bijak sini.

Kecantikan memang relatif, tapi kejelekan itu mutlak.
Hukuman gantung aja udah diganti tembak, knp kmu masih gantung aku? Tembak dong!.

Gajah mati meninggal gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan utang
Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian…bersakit-sakit dahulu, meriang-meriang kemudian…

Jika ada orang yang menghina anda, jangan terburu-buru menyangkal pernyataan mereka. Sepertinya mereka benar.
Kalo cowok, makin kaya makin nakal. Kalo cewek, makin nakal makin kaya.

Kesuksesan seseorang selalu berawal dari mimpi. Jika begitu adanya, marilah kita tidur.
Ya Tuhan, kalau dia memang jodohku, dekatkanlah… Tapi kalau bukan jodohku, Jodohin dong….

Seberat apapun pekerjaan, apabila tidak dikerjakan maka akan terasa ringan.
Jika anda ingin bahagia, menikahlah dengan pria yang berwibawa. Wiii .. bawa mobil. Wiii … bawa duit.

Tau ga kenapa malem ini ga ada bintang ?? soalnya bintangnya pindah semua ke matamu?
Di belakang setiap pria yang sukses, selalu ada satu wanita. Di belakang pria tidak sukses, ada dua.

Cinta itu photogenic. Ia membutuhkan tempat yang gelap untuk berkembang.
Menikahi wanita yang cantik bukanlah jaminan kebahagiaan hidup. Lebih-lebih yang jelek.


Di Senayan ada konser COKELAT, ANANG sama GIGI. Ternyata si ANANG ngambek ga mau manggung! Panitia resah knp Anang jadi plin plan dan belagu. Slidik punya slidik, ternyata Anang ngambek karena di spanduk tertulis: SAKSIKAN …. !! GIGI ANANG COKELAT

Untung sekali cinta itu buta. Coba kalo bisa ngelihat? orang jelek pasti ngga laku.

Untuk sementara ini bagi teman-teman yang ingin menulis di dinding FB saya, saya mohon maaf karena dinding FB saya sedang di cat

Jangan mentang-mentang kamu anak Gaul. Pas dikejar anjing bukannya lari malah bilang “terus Gue harus kabur sambil bilang wow gitu?

Yang jomblo jangan pernah merasa malu..Jomblo bukan berarti gak laku, tapi emang gak ada yang mau.

Di malam yang sunyi,di suasana yang sepi dan tak terasa rintik hujan pun turun entah kenapa hanya kau yang ingin kutemui, tuk mengatakan “GENTENG RUMAH LO BOCOR”

Jika hidupmu dalam kegelapan, berdoalah. Karena hanya dengan doa hidupmu akan tenang dan terang. Namun jika engkau sudah berdoa dan suasana disekitarmu masih gelap, berarti anda belum BAYAR LISTRIK

Gue percaya ama loe karena loe temen gue. Tapi kenapa loe kayak gitu ke gue. Gue gak percaya loe tega kayak gini ke gue. Kenapa loe tega ngomongin gue dibelakang. Gue gak abis pikir kenapa loe promosiin kalo gue itu keren

Tadi aku mencoba bunu diri, minum sebetol racun, eh…ternyata gak mati-mati terus aku baca botol itu ternyata isinya hanya air mineral saja

Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari… Cewek Kencingnya Jongkok, Yang Lain Pada Nengok…

Pelanggan Yth. Masa aktif hidup anda akan segera habis, saldo dosa anda sudah melewati batas. Segera isi ulang iman anda di rumah ibadah terdekat sebelum nyawa anda di blokir.

Donya ka Akhe. Pantun Aceh

wAte takalon oh jinoe masa,
adun ngon apa le yg laloe,
but ji pubut keu gura gura,
hana dikira dosa oh dudo,

oh te takalon di aneuk dara,
oh jnoe msa leumpah meupalo,
di sok seuleuweu ourat teubuka,
myoe keu dosa hana di pako,

ditem jak so yg ba ba,,
gadoh mahkota hana dihiroe,
pulom jitem bi sboh akua,
adak lam meuria pih item meulaloe,,

but jipubut hana keunira,,
zina tip masa aneuk tan lakoe,
ban na aneuk si jadah buta,
langsong ji buang peuduk lam uroe,

boh aci pike wahe shedara,
nyoe manusia yg genyan bagoe,
ka ji peuliket yg maha esa,
but meu dosa ckop that rugoe,

yg laen lom ulon ci kisah,
but yg salah si uroe uroe,
judi ngon buntuk keuthat meuriah,
but yg meujadah keuthat meupalo,,

but seumeupoh aneuk ngon yah,
but meureupah harta keuniroe,,
hana dikira adak sboh darah,
adak pih yah teutap di tampoe,

but mabok pih sboh parah,
ureung dum susah wate geujak bloe,
ganja ngon sabu rata da erah,
aneuk mit mirah pi ka di peutoe,.

But meu zina pih sboh parah,
rata daerah takaloen bagoe,
na yang aneuk di peulaku le yah,
na yg mirah meubut ngon adoe,
na yg dara pih kop parah,
adak lam kulah cut abg pasoe,

meumada ohnoe uloen ci kisah,
neu jaga ayah bek roh but rugo,
mita raseuki jalan yg jeulah,
adak pih payah haleu keu asoe,,

Pantun Aceh II



boh amplam putik talhap dengon plik
boh giri tasulik pajoh le sigra
wahe e rakan syik dengon putik
ny0e pat ulon salem ulon baca

salam'alaikom warah matullah
jaweb le bagah salem ulon ba
bex gata syehdara merka ngon allah
lam kitab gepegah wajeb bgi gata

nyue pat diulon ka hadir lom
cet ban khong ulon boh pulsa
tema jinue ulon nek tayong
alah hai ngon pue haba semua

netulong seot tanyong lon rakan
rindu that badan kegata semua
nyo na neanggab ulon sahabatan
neseot rijang jawaban kelon neba

haba di ulon got hai rakan
tpi that sayang soal belanja
kadang cet kadang wahe erakan
han trox sapaan kerakan dumna

tapi bak malam nyue ulon usahakan
ulon lake pinjam bax rakan dumna
karna diulon rindu that badan
kebandum rakan lam dunia maya

betoi that betoi lage droe pegah
hana pat ban tah wahe syehdara
cuman bax rabbi lake le bagah
cuman bax allah tyue mohon pinta

menyo ne pegah soal mepanton
nyue pat diri lon yang sabe setia
mari keh jinue wahe rakan lon
jinue tagabong tapekong tema



Pantun Aceh


Oh jula malam angen that leupie,,
sijuk lon meuri badan teurasa,,
bak ulon duk" tgoh jep kupi,,
karoh lon peurati sidro sidara,,


bdan jih rampeng sang adek preti,,
pkek silop tinggi ckop meugaya,,
dari meulikot ulon peurati,,
sang kop tari nyan aneuk dara,,




oek di panyang sang srikandi,
pkek leuweuli mrek korea,,
ban ulonjak keunan peurati,,
tekejut sekali dilon shedara,

umpama honda ka di modifikasi,,
ka hna le hi adak pih tuha,,
meusen di pakek merek misubisi,,
merek kokodil diduk bk rangka,,

mnan cit dara yg lon peurati,,
lon pike tari gadis belia,
rupajih mawa ka modifikasi,
pkek leuweuli lge aneuk dara,,

Btoi tgku yg gta bi the,,
bek sampe di tipe krn gaya,
bk masa jnoe dara tan male,
di pkek bje katat leumpah na,,

umpama boh trung di dalam jiee,
hna meuteunte teutap dih hna,,
mnan cit dara jnoe tan male,,
budaya bulek pakek seureuta,,

tapileh judoe beu pandang bule,
beuna turi male bek meuka taraba,
krn nyoe masa dara le yg meu ase,
lam peureude sike di jak eh dua,,

gadoh mahkota hna di angke,,
adak pih male hna dikira,,
krn dara jnoe le seude,
makajih gure payah that tamita,,



Google+ Followers